September 08, 2016

Happy 40th Birthday, L'Occitane!


L'Occitane en Provence atau yang lebih sering disebut L'Occitane merupakan sebuah produk kecantikan premium ternama asal Provence, Prancis. L'Occitane diciptakan oleh Olivier Baussan pada tahun 1976 saat ia masih berusia 23 tahun. L'Occitane menawarkan produk ramah lingkungan yang kaya akan bahan aktif alami dan essential oils dengan aromaterapi yang khas dan bermanfaat untuk tubuh.

Memasuki usianya yang ke 40 tahun, L'Occitane mengeluarkan koleksi spesial yang hadir dengan kemasan baru, yaitu berupa hand cream kebanggaan mereka dengan varian Shea Butter, Rose, dan Cherry Blossom yang terinspirasi oleh warna pada tahun 1970.

Credit: id.loccitane.com

Credit: id.loccitane.com

Dalam merayakan hari jadinya yang ke 40, L'Occitane Indonesia bekerjasama dengan beberapa pihak, seperti We the Foodies, Hands in Frame dan Marischka Prudence untuk menyelenggarakan photography workshop, di mana peserta yang hadir adalah yang memenangkan photo contest di instagram. Selain itu, dari masing-masing penyelenggara photo contest bersama L'Occitane tersebut, terdapat 1 grand prize berupa L'Occitane Spa Trip di Kupu Kupu Resorts, Bali untuk 1 orang pemenang. Menarik bukan?

Aku menjadi salah satu peserta yang beruntung untuk mengikuti Food Photography Workshop bersama L'Occitane dan We the Foodies setelah mengikuti photo contest yang ada. Harus aku akui kalau aku submit fotonya last minute banget sebelum photo contest nya ditutup. Aku lupa kalau hari itu adalah hari terakhir, jadi fotoku pun benar-benar seadanya saja. Yang penting harus ada angka 40 dan makanan di dalam foto tersebut, tidak wajib ada produk L'Occitane. Dan berikut inilah foto yang aku submit:


Acara Food Photography Workshop bersama L'Occitane dan We the Foodies berlangsung di Locanda Restaurant pada tanggal 23 Juli 2016. Setiap peserta mendapatkan sebuah kotak yang berisi 3 buah mini hand cream dari L'Occitane dan berkesempatan untuk memperoleh voucher L'Occitane sebesar Rp 500.000,- untuk 3 foto terbaik pada saat workshop














Acara dimulai dengan penjelasan mengenai sejarah singkat perjalanan L'Occitane selama 40 tahun oleh Jihan Rizkia selaku Marketing Communication Officers L'Occitane Indonesia dan dilanjutkan oleh Lina Darmali selaku Senior Marketing L'Occitane Indonesia.



Setelah itu, acara Food Photography Workshop dibawakan oleh Hafizh Alfarrisi yang merupakan salah satu member dari We the Foodies. Ia menjelaskan tentang teknik-teknik dasar fotografi, seperti komposisi dan lighting yang baik untuk sebuah foto, tipe-tipe pengambilan gambar, macam-macam angle, serta cara mengedit foto melalui aplikasi-aplikasi yang ada di smartphone


Hafizh memberitahukan tentang photo competition yang dapat diikuti oleh semua peserta seusai ia menjelaskan teknik-teknik fotografi tersebut, yaitu syaratnya harus ada produk L'Occitane, angka 40 dan makanan dalam sebuah foto. 3 orang dengan foto terbaik akan mendapatkan hadiah berupa voucher L'Occitane sebesar Rp 500.000,- untuk masing-masing pemenang.

Tak lama kemudian, makanan yang telah kami pesan sebelum acara dimulai pun datang. Aku memilih menu Fish and Chips sebagai main course dan Trio Cream Brulle sebagai dessertnya. Entah mengapa, makanan tersebut terasa biasa saja untuk ukuran restaurant seperti Locanda. Untuk Fish and Chips, ikannya tidak terlalu berasa dan tepungnya lebih tebal dibandingkan ikannya. Untuk Trio Cream Brulle, tekstur cream brulle nya pun tidak seperti pada umumnya, cenderung mirip dengan tekstur pudding serta rasanya tidak terlalu manis. Ternyata, tidak aku saja yang merasa demikian. Peserta lain yang memesan menu lainnya pun mengatakan hal serupa. 




Puji Tuhan, aku menjadi salah satu pemenang yang mendapatkan voucher L'Occitane sebesar Rp 500.000,- setelah mensubmit 2 foto di atas ke instagram. Voucher tersebut aku gunakan untuk membeli beberapa produk L'Occitane, yaitu Cherry Blossom Face Fresh Mist, Shea Butter Ultra Rich Lip Balm, dan Revitalizing Fresh Shampoo (Travel Size).


Foto tersebut aku submit kembali untuk photo contest yang diadakan oleh L'Occitane dengan Hands in Frame. Dan lagi-lagi aku terpilih untuk ikut photography workshop bersama L'Occitane dan Hands in Frame di Lewis and Carroll Tea pada tanggal 13 Agustus 2016. Acaranya kurang lebih sama dengan Food Photography Workshop bersama We the Foodies, di mana terdapat photography workshop dan photo competition. Namun, kali itu aku tidak memenangkan voucher L'Occitane lagi. Bagiku, yang terpenting dari acara-acara seperti ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, melatih skill dalam fotografi dan tentunya menambah teman.



Once again, Happy 40th Birthday, L'Occitane!





LOVE,

Yenni Tanoyo

1 comment: