January 17, 2017

Gastromaquia Jakarta


Setelah seminggu menjalani UAS, akhirnya Sabtu kemarin aku punya kesempatan untuk hangout lagi..yay! Kali ini, aku kembali ke salah satu restoran favoritku di daerah Senopati, yaitu Gastromaquia. Asal mula berdirinya restoran ini sendiri cukup unik lho ternyata, yaitu karena kecintaan pemilik restoran ini terhadap makanan khas Spanyol di Gastromaquia Madrid. Pemilik restoran ini pun akhirnya memutuskan untuk berkolaborasi dengan Gastromaquia Madrid untuk membuka cabang di Jakarta. Oleh karena itu, banyak bahan makanan yang diimpor secara langsung dari Madrid untuk menjamin cita rasa yang sama dan sesuai dengan masakan Spanyol aslinya. 

Anyway, kunjunganku ke Gastromaquia kali ini disponsori oleh Clozette Indonesia. Aku mendapatkan voucher senilai Rp 500.000,- untuk dihabiskan saat itu juga. Maka dari itu, aku mengajak mama dan adikku untuk mencicipi menu-menu di sini.


Restoran ini terdiri dari dua lantai dengan konsep yang serba putih didominasi oleh kayu berwarna coklat dan toska. Untuk lantai 1, restoran ini memiliki kapasitas tempat duduk sekitar 25 orang termasuk pengunjung di bar. Sementara, untuk lantai 2 nya sendiri lebih luas karena terdapat outdoor, sehingga berkapasitas sampai dengan 35-40 orang. 

Restoran ini juga didukung dengan pencahayaan yang natural karena terdapat banyak sekali jendela besar, terlebih lagi di lantai 2. Untuk itu, restoran ini sangat cocok untuk para muda-mudi yang gemar memotret makanan maupun berfoto OOTD.

Siang itu, restoran masih sangat sepi saat aku datang, baru terisi 1 meja saja. Namun, aku belum bisa menempati lantai 2 karena belum siap kata pihak waitress nya. Tak lama kemudian, beberapa pengunjung mulai berdatangan dan mereka langsung mendapatkan tempat di lantai 2. Kemungkinan besar karena aku datang tanpa reservasi terlebih dahulu sebelumnya. So, buat kalian yang ingin kemari, lebih baik reservasi terlebih dahulu ya.





Suasana yang unik juga langsung terasa begitu memasuki restoran ini. Banyak ornamen-ornamen menarik yang terpasang di dindingnya, antara lain aneka kaca dengan bingkai klasik yang berbeda bentuk dan warna serta berbagai peralatan dapur yang melekat pada dindingnya, seperti sendok, mug, poci, cangkir, talenan, dan sebagainya. Tak hanya itu, restoran ini juga memiliki gantungan kristal besar yang terbuat dari sendok dan garpu pada lantai 2.











Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, restoran ini memiliki pencahayaan natural yang berasal dari jendela besar yang terpasang di sisi-sisi dindingnya, khususnya di lantai 2. Tak heran kalau di lantai 2 ini sering dijadikan sebagai tempat arisan, kumpul keluarga, acara ulang tahun, atau event gathering. Sabtu kemarin, saat aku datang ke restoran ini ada sejumlah ibu-ibu yang mengadakan acara arisan. Clozette sendiri juga pernah mengadakan beauty workshop "Perfect Picture with Olay". Bahkan, Dian Sastro pun pernah melakukan photoshoot untuk sebuah majalah di sini.

Jika di lantai 1 terdapat bar dan rak buku dengan suasana yang terasa lebih intim, lain halnya dengan lantai 2 yang lebih bernuansa minimalis dengan suasana yang lebih membaur antara satu dengan yang lain. Tawa canda pun sesekali terdengar dalam ruangan ini. Dengan adanya outdoor berupa balkon yang luas juga menambah keinginan para pengunjung untuk menempati lantai 2. Kita dapat menghirup udara segar sambil melihat pemandangan sekitar, bahkan berfoto ramai-ramai di balkon tersebut.








Bicara soal makanannya, range harga yang ditawarkan berkisar antara IDR 40.000 - 385.000. Aku memesan beberapa menu yang memang telah aku coba sebelumnya saat food tasting bersama beberapa teman food blogger. Menu-menu tersebut antara lain:

SUMMER GREEN - IDR 42.000
(Kale, pineapple)
Buat kalian yang suka minuman sehat dari sayuran, menu ini bisa menjadi pilihan. Rasa kale nya sendiri tidak terlalu berasa karena dicampur dengan nanas yang asam dan manis rasanya.



HAPPY DAYS - IDR 45.000
(Passion fruit, lychee, orange, kiwi)
Ini adalah salah satu mocktail yang paling best seller. Rasanya sangat refreshing dan tidak terlalu manis. Enak banget!



PULPO AL AJILLO - IDR 59.000
(Grilled octopus with garlic and chili oil)
Meskipun bentuknya terlihat aneh, tapi rasanya sangat enakkk! Tingkat kematangan guritanya sangat pas sehingga empuk saat dimakan. Rasanya pun sangat gurih.


CRISPY CALAMARI with BACON and SQUID INK - IDR 85.000
Untuk memakan menu yang satu ini diperlukan bantuan khusus dari waiter/waitress nya dalam memotong calamari nya. Karena ukurannya yang cukup besar, maka akan sedikit sulit jika kita memotongnya sendiri. Pastikan kamu sudah mendapatkan foto yang bagus sebelum makanan ini diserahkan kepada waiter/waitress nya, karena setelah mereka memotong dan mencampurkannya dengan garlic mayo dan squid ink, penampilannya sama sekali tidak menarik lagi. Yang jelas, calamari nya sangat empuk dan lembut di dalam, serta renyah di bagian luar. Perpaduan antara garlic mayo dan squid ink nya pun membuat rasanya menjadi perfect


GARLIC NOODLE with CHICKEN - IDR 65.000
(Egg noodle, butter, garlic, chicken)
Salah satu menu main course yang paling favorit di sini adalah garlic noodle nya. Jika dilihat dari penampilannya memang terlihat biasa saja. Akan tetapi, begitu kamu mencobanya, barulah terasa kalau mie yang satu ini enak banget! Tingkat kekenyalan dari mienya sangat pas dan bumbu yang digunakan meresap dengan sempurna. Saat dimakan tanpa topping apapun, mienya sendiri sudah enak rasanya.



MAC AND CHEESE with BACON - IDR 75.000
(Macaroni pasta, cream, buffalo mozzarella, parmesan, pork/beef bacon)
Rasanya kurang lebih sama dengan mac and cheese pada umumnya. Saranku, lebih baik jangan memotret menu yang satu ini terlalu lama agar lelehan kejunya masih terasa di mulut. Yummy!




STUFFED CHICKEN with BACON and DATES - IDR 95.000
(Deboned and stuffed chicken thigh, served with potato cubes and salad)
Kurma yang manis dan pork bacon yang gurih dibalut dengan daging ayam yang sangat empuk dan juicy. Must try!


Beberapa menu di atas ada yang sudah pernah aku review di instagram @pernahkenyang dan direpost oleh instagram @gastromaquia


Foto flatlay saat food tasting bersama beberapa teman food blogger September lalu



Thank you Clozette Indonesia dan Gastromaquia!



Gastromaquia
Modern Spanish from Madrid

Jalan Ciniru I No. 1
Kebayoran Baru, Jakarta 12180
Phone: 021-2930-5091
Instagram: @gastromaquia



LOVE,

Yenni Tanoyo


2 comments:

  1. Tempatnya bagussss banget, cocok banget buat foto-foto ya. Menunya juga looks delicious..yum xD




    www.mybeautypinastika.com

    ReplyDelete
  2. restorannya unikk yaa ce mknnya yummy klihtnyaaa ahhhhh mauukk

    ReplyDelete