November 28, 2016

The Balm Batter Up Eyeshadow Stick [Review & Swatches]


The Balm baru saja mengeluarkan produk terbarunya, yaitu Batter Up Eyeshadow Stick. Jujur, untuk pemakaian makeup sehari-hari aku sangat jarang sekali menggunakan eyeshadow. Paling hanya menggunakan eyeliner dan scotch mata. Tapi akhirnya aku tertarik untuk mencoba eyeshadow stick ini karena kemasannya yang lucu dan unik, serta warna-warnanya yang cocok untuk pemakaian sehari-hari maupun untuk tampilan yang lebih smokey.



Kalau dilihat dari kemasannya, sudah jelas bukan kalau eyeshadow ini terinspirasi dari permainan baseball?! Nama Batter Up sendiri juga merupakan istilah yang digunakan dalam permainan baseball yang artinya memanggil pemain penyerang untuk mengambil posisi pemukul (batter). Dengan kemasan yang seperti ini, eyeshadow stick yang berada di dalamnya seolah-olah merupakan pemukul bola atau batter nya. Menarik sekali!

Pada kemasannya juga tertera salah satu keunggulan dari eyeshadow stick ini yaitu bersifat long-wearing atau tahan lama. Selain itu, cara pengaplikasian, ingredients dan masa pemakaian dari eyeshadow stick ini juga dijelaskan. Pokoknya selain colorful, kemasan Batter Up Eyeshadow Stick ini juga sangat informatif.


Sebetulnya, Batter Up Eyeshadow Stick ini hadir dalam 8 shades yang berbeda. Tetapi, di Indonesia hanya masuk 6 warna saja, yaitu Night Game (1), Outfield (3), Shutout (4), Dugout (6), Curveball (7), dan Moonshot (8). 2 warna lainnya yang tidak masuk ke Indonesia adalah Slugger (2) dan Pinch Hitter (5). Nama-nama tersebut tidak lain merupakan istilah-istilah yang digunakan dalam permainan baseball. Shade tersebut tertulis dengan jelas di sisi atas kemasan dengan background warna yang sesuai dengan warna eyeshadow nya.


Untuk desain kemasan dari produknya sendiri terkesan lebih simple dan tidak se-colorful box nya. Tutup dari eyeshadow stick ini berwarna sama dengan warna eyeshadow nya sehingga memudahkan kita untuk memilih warna yang diinginkan. Selain itu, pada bagian bawah produknya juga tercantum nama shade nya. Jadi, tidak akan tertukar kalau seadainya eyeshadow stick ini disimpan tanpa box nya.









Dalam menggunakan eyeshadow stick ini, kita hanya perlu memutarkan saja bagian bawahnya untuk mengeluarkan isinya. Hal ini sangat praktis karena kita tidak membutuhkan sharpener lagi. Tekstur dari Batter Up Eyeshadow Stick ini sangat creamy dan smooth banget. Maka dari itu, kita harus berhati-hati saat membuka tutup produknya, karena kalau tidak eyeshadow nya bisa tergores.

Berikut ini adalah swatches dari masing-masing warnanya, sangat sesuai dengan warna yang tampak pada tutup produknya, bukan?! 



Jika dilihat dari swatch di atas, tampak jelas bahwa eyeshadow stick ini memiliki efek shimmer yang sangat elegan. Eyeshadow stick tersebut hanya digoreskan sebanyak 1 kali dan warnanya sudah keluar banget, benar-benar highly pigmented. Terkadang kendala aku dalam menggunakan eyeshadow adalah warnanya yang susah keluar sehingga perlu diaplikasikan berkali-kali agar menghasilkan warna yang diinginkan. Namun, untuk eyeshadow stick ini, tanpa menggunakan eyeshadow primer sekalipun warnanya sudah bagus sekali. Biarpun begitu, Batter Up Eyeshadow Stick ini juga bersifat buildable, lho.

Yang paling penting, Batter Up Eyeshadow Stick ini juga mudah di-blend, baik menggunakan jari ataupun dengan brush. Akan tetapi, eyeshadow ini sangat mudah mengering, sehingga perlu  cepat-cepat untuk di-blend ya.


Setelah aku mencoba untuk menggosok swatches dari Batter Up Eyeshadow Stick dengan menggunakan tissue, hasilnya hanya sedikit eyeshadow yang menempel pada tissue dan tidak menimbulkan smudge sama sekali di kulit tanganku akibat gosokan tersebut. Saat aku teteskan air dan mengusapnya, eyeshadow ini pun tidak hilang. Artinya, Batter Up Eyeshadow Stick ini bersifat smudgeproof dan waterproof.

Dihapus menggunakan Garnier Micellar Cleansing Water

Untuk menghapus eyeshadow tersebut, aku menggunakan Garnier Micellar Cleansing Water yang biasa aku gunakan untuk menghapus makeup pada wajahku. Awalnya, warna eyeshadow tersebut tidak mau hilang, sehingga aku agak menekan dan menggosoknya berkali-kali dengan menggunakan tenaga dalam menghapusnya. Alhasil, kulitku pun agak memerah setelahnya. Aku belum mencoba untuk menghapusnya menggunakan eye makeup remover yang oil based sih, mungkin akan lebih baik.

Dalam makeup look berikut ini, aku mencoba menggunakan 4 dari 6 warna Batter Up Eyeshadow Stick yang ada, yaitu Curveball, Dugout, Night Game, dan Moonshot. Cara penggunaannya sendiri ada 2, yaitu bisa langsung diaplikasikan ke kelopak mata agar warnanya lebih intens, lalu blend dengan brush atau bisa juga dengan menggunakan brush yang diusapkan ke eyeshadow stick, baru setelah itu diaplikasikan ke kelopak mata. Aku pribadi lebih suka cara yang pertama karena selain lebih cepat, warnanya pun lebih bagus keluarnya.

Step-by-step:
1. Aplikasikan Curveball pada seluruh kelopak mata
2. Aplikasikan Dugout pada outer corner
3. Baurkan dengan menggunakan blending brush
4. Tambahkan Moonshot pada inner corner
5. Aplikasikan Night Game pada bagian bawah mata untuk mempertegas bentuk mata
6. Aplikasikan bulu mata favoritmu






Produk The Balm Batter Up Eyeshadow Stick ini dijual seharga Rp 310.000,- / pcs yang bisa diperoleh di counter The Balm Cosmetics yang ada di Jakarta, sebagai berikut:
- Debenhams Senayan City
- Sogo Plaza Senayan
- Sogo Pondok Indah Mall
- Metro Pondok Indah Mall
- Lotte Shopping Avenue
- Seibu Grand Indonesia
- Sogo Kelapa Gading
- Metro Taman Anggrek
- Centro Bintaro

Kalau aku mendapatkan produk tersebut di counter The Balm yang ada di Lotte Shopping Avenue. Counter nya sangat cute dengan nuansa pastel yang terkesan vintage.









Thank you Clozette and The Balm


Thank you for reading! :)




LOVE,

Yenni Tanoyo

1 comment:

  1. pigmented banget ya ce batter up pigmnented eyeshadow dari the Balm. Sangat pigmented ya ce jadi pwngen nyoba ce . Bagus banget ce reviewnya...like this.. luv..luv..

    ReplyDelete